(NEW) KAK Sistem Pengadaan Barang
RANCANG BANGUN
MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG
PT PELABUHAN
INDONESIA III (PERSERO)
CABANG TANJUNG PERAK
KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
1.
LATAR
BELAKANG
|
Dewasa ini, profesi
sekretaris semakin dituntut kemampuannya untuk dapat melakukan tugas secara
profesional dengan memiliki penguasaan di bidang kesekretariatan dan
technology. Ruang lingkup sekretaris semakin luas, tidak hanya menangani
tugas rutin seperti surat menyurat, pengarsipan, mengatur jadwal pimpinan,
melainkan diharapkan dapat menerapkan ide, mengaplikasikan berbagai kemampuan
berbahasa dan teknologi bagi kemajuan perusahaan. Seperti yang kita ketahui
bersama, dalam suatu perusahaan yang berkembang dibutuhkan adanya
komputerisasi di berbagai bidang. Untuk itulah seorang sekretaris di zaman
global sekarang mutlak memiliki skill di bidang technology.
Dengan perkembangan
jaman, sistem administrasi menjadi kebutuhan khusus yang sangat dibutuhkan
dan harus dipenuhi oleh setiap perusahaan sistem yang terintegrasi dengan
sistem komputer yang baik dalam membantu kelancaran pelaksanaan tugas
manajemen, khususnya dalam menyediakan, mengelola dan mengamankan surat atau
kearsipan, baik intern ataupun ekstern Perusahaan yang meliputi antara lain
tata tulisan dinas, tata naskah, tata kearsipan, tata kesekretariatan.
Pada kenyataannya
fungsi administrasi di perkantoran seringkali dianggap sebagai sesuatu yang
mudah, yang secara otomatis dapat dilakukan oleh semua orang. Sehingga
seringkali keberadaannya tidak dikelola dengan perencanaan yang baik.
Sehingga dengan adanya anggapan tersebut aktivitas sebuah perusahaan menjadi
terhambat atau terkendala oleh masalah administrasi seperti perencanaan dan
penjadwalan aktivitas yang tidak sesuai dan tidak tepat waktu.
Pengadaan barang
adalah suatu hal yang cukup penting dalam suatu proses bisnis perusahaan.
Banyak proses bisnis yang tertunda hanya karena proses pengadaan barang yang
telat atau bahkan tidak terurus. Hal ini disebabkan oleh rumitnya dan
banyaknya proses bisnis yang harus dijalankan dalam satu hari. Sehingga perlu
dilakukan komputerisasi proses-proses bisnis yang ada sehingga dapat
menunjang proses bisnis tersebut.
|
2.
MAKSUD
DAN TUJUAN
|
Memberikan gambaran
mengenai alur proses Administrasi khususnya pada bidang pengadaan barang pada
PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA yang
mencakup pada penanganan surat masuk, nota dinas, surat keluar.
|
3.
SASARAN
|
Pembangunan Sistem
Informasi pengadaan barang yang terintegrasi bagi PT PELABUHAN INDONESIA III
(PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK.
|
4.
NAMA
DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA
|
PT PELABUHAN
INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK
|
5.
SUMBER
PENDANAAN
|
Berasal dari dana
perusahaan PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK sebesar
Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah).
|
6.
LINGKUP,
LOKASI KEGIATAN, DATA DAN FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUAN
|
a.
Lingkup Kegiatan
I.Pengembangan
fitur-fitur utama dari sistem informasi pengadaan barang berbasis web sebagai
berikut:
II.
Pengembangan
database yang dapat mendukung fitur yang dikembangkan pada poin I
III.
Membuat dokumentasi
yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk sistem informasi perpustakaan yang
dibangun meliputi:
IV.
Pengadaan server
(hardware)
Terdapat unit komputer dengan
spesifikasi sebagai berikut :
-Prosesor minimal core i5
-VGA minimal 256 MB.
-RAM minimal 16 GB.
-Hardisk minimal 40 GB.
-NIC (Network Interface Card)/LAN
Card
b. Lokasi Kegiatan
PT PELABUHAN
INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK
c. Data dan Fasilitas Penunjang
I.Penyediaan
oleh pengguna jasa
Data dan fasilitas
yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus dipelihara
oleh penyedia jasa:
Dokumen atau laporan fisik tentang
sistem pengadaan barang yang ada.
2.
Akomodasi Konsumsi
pada saat jam makan siang
Penyediaan konsumsi yang dapat berupa
snack maupun makanan pada saat lunch break / makan siang.
II.
Penyediaan oleh
penyedia jasa
Penyedia jasa harus
menyediakan dan memelihara semua fasilitas dan peralatan yang dipergunakan
untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan
d. Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat,
diskusi, dan seminar (miniworkshop) terkait dengan sistem pengadaan barang
yang telah diterapkan pada PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG
TANJUNG PERAK, agar dapat membangun suatu sistem yang efektif dan sesuai
kebutuhan.
|
7.
METODOLOGI
|
Metodologi
penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan sistem dengan model
waterfall model dimana implementasi perangkat lunak akan berbasis php yang
diterapkan di PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK untuk
melakukan testing apakah sistem yang dibangun sesuai telah sesuai dengan
kebutuhan.
|
8.
JANGKA
WAKTU PELAKSANAAN
|
Jangka waktu
pelaksanaan kegiatan ini adalah selama ± 4 (empat puluh) hari kerja dan harus
dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5
(lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.
|
9.
KUALIFIKASI
|
Kualifikasi yang
diharuskan dipenuhi oleh Penyedia Jasa adalah:
1. Memiliki latar belakang dan pengalaman dalam bidang
Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
2. Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan
Pembangunan Aplikasi untuk dua organisasi berbeda.
3. Pernah membangun dan merancang suatu Sistem Informasi baik
berbasis aplikasi desktop maupun web.
4. Mengerti dan dapat menerapkan bahasa pemrograman php, css,
dan html.
5. Memiliki pengetahuan tentang implemenasi source code dalam
framework yang digunakan dalam perangkat lunak
6.
Memiliki
pengetahuan tentang proses bisnis dari sistem pengadaan barang
7.
Memiliki
pengetahuan tentang proses bisnis dari sistem pengadaan barang yang telah
diterapkan pada PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG
PERAK.
|
10.
TENAGA
AHLI
|
Tenaga ahli yang
diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
Ketua Tim (Project Manager)
Ketua Tim
disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan
perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau
setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project
management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Sebagai ketua tim,
tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim
kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan
pekerjaan
dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus
disediakan 1 (satu) orang.
Sistem Analis
Sistem analis yang
disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1)
lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau
setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan
perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 1
(satu) tahun.
Jumlah yang harus
disediakan minimal 1 (satu) orang.
Programmer/Developer
Programmer/Developer
yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan
tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan
pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus
disediakan minimal 3 (tiga) orang.
Database Administrator
Database
Administrator yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1)
lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau
setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus
disediakan minimal 2 (dua) orang.
Inventory
administrator
Inventory
administrator yang dimaksud adalah seseorang yang mengerti tentang proses
bisnis pengadaan barang yang terjadi dalam PT PELABUHAN INDONESIA III
(PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK. Inventory admisnistrator merupakan pihak yang
membantu untuk melakukan proses elisitasi kebutuhan.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
|
11.
KELUARAN
|
Keluaran yang
dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
1. Perangkat lunak sistem informasi pengadaan barang berbasis
web yang dapat dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani proses
pengadaan barang yanga ada sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan,
efisiensi, dan menghasilkan output yang lebih baik dan berkualitas.
2. Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi,
antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi
sistem dan arsitektur program;
3. Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa
technical manual;
4. Dokumentasi SOP (system operating procedure) maupun SMP
(system maintenance procedure);
5. Instalasi aplikasi;
6. Pelatihan, pendampingan/asistensi, garansi dan
pemeliharaan.
|
12.
LAPORAN
|
Jenis laporan yang
harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
a.
Laporan
Pendahuluan, berisi :
b. Laporan Mingguan, berisi :
c. Laporan Akhir, berisi :
|
Comments
Post a Comment