KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
RANCANG BANGUN MANAJEMEN SISTEM ADMINISTRASI
PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO)
CABANG TANJUNG PERAK
KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
|
Dewasa ini, profesi sekretaris semakin dituntut kemampuannya untuk dapat melakukan tugas secara profesional dengan memiliki penguasaan di bidang kesekretariatan dan technology. Ruang lingkup sekretaris semakin luas, tidak hanya menangani tugas rutin seperti surat menyurat, pengarsipan, mengatur jadwal pimpinan, melainkan diharapkan dapat menerapkan ide, mengaplikasikan berbagai kemampuan berbahasa dan teknologi bagi kemajuan perusahaan. Seperti yang kita ketahui bersama, dalam suatu perusahaan yang berkembang dibutuhkan adanya komputerisasi di berbagai bidang. Untuk itulah seorang sekretaris di zaman global sekarang mutlak memiliki skill di bidang technology.
Dengan perkembangan jaman, sistem administrasi menjadi kebutuhan khusus yang sangat dibutuhkan dan harus dipenuhi oleh setiap perusahaan sistem yang terkointergrasi dengan sistem komputer yang baik dalam membantu kelancaran pelaksanaan tugas manajemen, khususnya dalam menyediakan, mengelola dan mengamankan surat atau kearsipan, baik intern ataupun ekstern Perusahaan yang meliputi antara lain tata tulisan dinas, tata naskah, tata kearsipan, tata kesekretariatan.
Pada kenyataannya fungsi administrasi di perkantoran seringkali dianggap sebagai sesuatu yang mudah, yang secara otomatis dapat dilakukan oleh semua orang. Sehingga seringkali keberadaannya tidak dikelola dengan perencanaan yang baik. Sehingga dengan adanya anggapan tersebut aktivitas sebuah perusahaan menjadi terhambat atau terkendala oleh masalah administrasi seperti perencanaan dan penjadwalan aktivitas yang tidak sesuai dan tidak tepat waktu.
Arsip yang berantakan dan klasifikasi dokumen yang tidak konsisten
menyebabakan penyelesaian pekerjaan yang tidak tepat waktu dan banyak hal
buruk yang bersumber dari pengelolaan administrasi yang tidak optimal. Dengan demikian dibutuhkan Manajemen Sistem Administrasi untuk mengembangkan Sistem Administrasi dalam suatu organisasi.
|
|
Memberikan gambaran mengenai alur proses Administrasi pada PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA yang mencakup pada penanganan surat masuk, nota dinas, surat keluar.
|
|
Pembangunan Sistem Informasi pengadaan barang yang terintegrasi bagi PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK.
|
|
PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK
|
|
Berasal dari dana perusahaan PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK sebesar Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah).
|
|
PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK
Data dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus dipelihara oleh penyedia jasa:
Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat, diskusi, dan seminar (miniworkshop) terkait dengan sistem pengadaan yang telah diterapkan pada PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK, agar dapat membangun suatu sistem yang efektif dan sesuai kebutuhan.
|
|
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan sistem dengan model waterfall model dimana implementasi rekayasa aplikasi perpustakaan berbasis php yang diterapkan di PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK untuk melakukan testing apakah sistem yang dibangun sesuai telah sesuai dengan kebutuhan.
|
|
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah selama ± 75 (enam puluh) hari kerja dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.
|
|
Kualifikasi yang diharuskan dipenuhi oleh Penyedia Jasa adalah:
|
|
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
Ketua Tim disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan
pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 3 (tiga) orang.
Database Administrator yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
e. Manager Gudang
Manager Gudang dengan pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun. Untuk mengawasi jalannya pengerjaan sistem.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (dua) orang.
f. Administrasi Gudang
Administrasi Gudang yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang. |
|
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
|
|
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
|
Comments
Post a Comment